Mencari Ide Menulis, 6 Tips Menghilangkan Malas Menulis


Bagaimana mencari ide menulis? Ini pertanyaan penting, sebab menulis membutuhkan ide, tidak hanya bahan, saya sudah berbulan-bulan lamanya tidak menulis di Blog, pertama karena kesibukan kedua dan ini yang paling parah, karena saya tidak punya ide.

Jujur ini pertamakalinya saya menulis setelah lama vakum. Saya tidak menemukan bahan untuk saya tulis, apalagi ditengah ramainya blog-blog yang membahas di hampir setiap lini dan sendi kehidupan, apalagi yang harus saya tulis? semua sudah ada. ditambah lagi dengan ‘kalah’nya blog pribadi apabila bersaing dengan blog2 besar seperti Kompasiana dan UC web media.

Jadi apa yang harus saya tulis?
Tidak ada. Benar-benar tidak ada lagi yang bisa saya tulis. Urusan malas juga menjadi kendala. Malas itu tidak ada obatnya. Kecuali dengan MEMAKSAKAN DIRI untuk memulai. Tapi setelah saya memulaipun tetap saja tidak ada ide untuk bisa saya tulis.

Ide. a ide itu sangatlah mahal. Terutama bagi para penulis manapun. Orang lain sampai mengeluarkan sedikit uang untuk berkeliling dunia sampai membeli ribuan buku dan kitab agar mereka membaca lalu menemukan ide. Tapi hasilnya tetap nihil. Ide tetap saja tidak di dapat. Boleh jadi Ide sudah ada, tapi malas untuk mengetik keyboardnya. ini bagaimana??

Nah untuk mengatasi rasa malas itu biasanya yang saya lakukan adalah
1-Nyeduh kopi hitam
2-Ambil rokok
3-Mulai berpikir untuk membuat tulisan
4-Ketik Judul apa yang akan kita tulis
5-Mengetik Keyboard secara perlahan, perlahan saja, tidak perlu terburu-buru. Prinsipnya, ketika kita ‘selesai’ menulis, tidak perlu lagi mengedit kata dan langsung ke nomer enam
6-Langsung kita Upload tulisan tersebut

Ke enam point ini efektif membuat saya
HILANG MALASNYA
OTAK JADI JERNIH DAN PLONG
IDE BIASANYA CEPAT MENGALIR

Dan yang terakhir
JANGAN BEBANI DIRIMU DENGAN TULISAN BAGUS
Yang penting Nulis, dah gitu saja.

Asep Bahtiar