Robert Kiyosaki, Prinsip Orang Kaya, Pentingnya Pendidikan Secara Finansial, dan Perbedaan Aset dan Liabilitas (Bag 5)


Kiyosaki berbagi banyak ide dan konsepnya tentang masalah keuangan pribadi. Dia adalah seorang advokat dan percaya bahwa jika seseorang ingin sukses secara finansial, dia harus terlebih dahulu melengkapi dirinya dengan pendidikan keuangan yang diperlukan.

Salah satu prinsipnya yang dapat mengubah status keuangan Anda adalah memahami apa yang sedang Anda kerjakan. Dalam buku-bukunya, ia mengkategorikan pekerjaan dan karir menjadi empat kategori utama, mereka adalah karyawan, wiraswasta, pengusaha, dan investor. Anda perlu memahami kategori dimana posisi Anda sekarang.

Menurut Kiyosaki, sebagian besar orang bekerja untuk mendapatkan pemasukan tetapi selalu dipotong oleh pajak. Dia mengatakan bahwa sebagian besar dari pendapatan yang diperoleh akan hilang untuk membayar pajak sebelum uang tersebut sampai ke tangan karyawan.

Kyosaki juga menjelaskan bahwa ada tiga jenis penghasilan. Ketika kita bekerja keras, kita hanya mengerti bahwa kerja keras itu untuk mendapatkan banyak pemasukan, ini merupakan jenis pendapatan pertama. Jenis pendapatan kedua adalah pendapatan portofolio di mana sebagian besar berasal dari capital gain. Misalnya, ketika Anda berinvestasi di pasar saham dan Anda mendapatkan untung darinya, Anda memperoleh pendapatan portofolio. Dan jenis penghasilan ketiga adalah penghasilan pasif.

Apa yang benar-benar membuat orang kaya adalah pendapatan pasif (penghasilan nomer tiga). Kiyosaki menyarankan audiensnya untuk belajar dan membangun pendapatan pasif daripada bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan dan kemudian membayar pajak paling banyak. Inilah sebabnya mengapa ia percaya bahwa pendidikan finansial itu penting karena jika Anda bekerja terlalu keras itu termasuk pekerjaan yang salah, Anda mungkin akan berakhir dengan banyak mengalami keuntungan, tetapi hanya sedikit sekali.

Bangun dan Kembangkan Aset Anda
Salah satu pelajaran sukses terpenting yang harus dipelajari semua orang dari Kiyosaki adalah membangun dan menumbuhkan aset mereka. Kebanyakan orang memiliki persepsi yang salah tentang aset dan kewajiban. Mereka mengira bahwa rumah adalah aset. Ketika Anda membeli rumah dan pindah ke sana sendiri, rumah Anda tidak menghasilkan pendapatan pasif apa pun untuk Anda. Sebagai gantinya, Anda harus membayar sejumlah uang untuk rumah Anda seperti membeli perabot dan merenovasinya.

Menurut Kiyosaki, aset adalah hal yang akan membawa Anda banyak uang. Hal ini akan berbeda ketika Anda membeli properti untuk investasi. Ketika Anda menyewakan properti, penyewa akan membayar Anda uang sewa dan sewa adalah bentuk penghasilan pasif. Contoh bagus lainnya adalah mobil Anda. Banyak orang berpikir bahwa memiliki mobil adalah aset, yang sebenarnya itu bukan aset. Mobil Anda tidak akan pernah mendatangkan pemasukan pasif untuk Anda, dengan demikian, Kiyosaki menganggap bahwa mobil sebagai liabilitas dan bukan aset.

Karena itu, belajarlah untuk membangun dan menumbuhkan aset Anda. Dapatkan hal-hal yang akan menghasilkan lebih banyak uang daripada mengambil uang Anda. Bisnis yang dirancang dengan baik selalu meningkatkan jumlah asetnya. Dan inilah yang harus Anda lakukan. Bertujuan untuk memperoleh lebih banyak aset yang akan menghasilkan Anda pendapatan pasif.

Post a Comment

0 Comments