.Cara Mengembangkan Pertumbuhan Ekonomi Islam melalui Sektor Pariwisata di Era Milenial

Pariwisata dan ekonomi memiliki hubungan yang erat, karena pengembangan pariwisata di suatu daerah sangat memungkinkan untuk pengembangan ekonomi di daerah tersebut. Hubungan antara keduanya saling melengkapi, ekonomi akan tumbuh jika didorong oleh perkembangan pariwisata yang semakin maju, terutama untuk pelaku bisnis di sekitar tujuan wisata, baik pelaku usaha kecil, menengah, dan atas. Pariwisata memiliki dampak pada ekonomi karena dapat menciptakan lapangan kerja, mempengaruhi pendapatan, neraca pembayaran, pendapatan valuta asing, seperti pengeluaran wisatawan, pengembangan pariwisata, impor dan ekspor barang.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi pendapatan terkait pariwisata, termasuk tingkat konsumsi atau pengeluaran, jarak dari tempat wisata, masa kerja dan jumlah wisatawan yang berkunjung. Jadi, ekonomi dan pariwisata memiliki hubungan yang sangat dekat dan saling berhubungan satu sama lain. Pariwisata dapat digunakan sebagai pendorong ekonomi kawasan wisata yang tahan terhadap krisis ekonomi, dan perekonomian menjadi elemen dalam membantu pengembangan pariwisata, terutama pariwisata halal yang diharapkan dapat menjadi pilar dalam perekonomian daerah.

Perkembangan Ekonomi Islam semakin meningkat dengan hadirnya produk halal melalui berbagai bidang, salah satunya adalah Pariwisata Syariah. Dengan terus berkembangnya modernisasi saat ini, tentu saja diperlukan inovasi untuk menyelesaikan persaingan pasar. Ekonomi Islam tidak lagi hanya berbicara tentang perbankan Islam atau lembaga keuangan lainnya.

Namun, saat ini Ekonomi Islam juga telah merambah ke berbagai sektor lain, sehingga Ekonomi Islam sudah memiliki sektor-sektor dalam Islam yang tentunya memiliki pertumbuhan ekonomi yang signifikan, yaitu di sektor kuliner, keuangan Islam, asuransi, mode, kosmetik, farmasi, farmasi, hiburan, dan pariwisata. Di mana seluruh sektor memasukkan konsep halal di setiap produknya. Sebelumnya, produk halal hanya dibayangkan dalam produk makanan, minuman, obat-obatan atau kosmetik yang tidak mengandung alkohol atau bahan kimia yang mengandung unsur babi, darah dan karkas. Tetapi sekarang telah ada kemajuan teknologi dalam industri halal untuk produk-produk gaya hidup seperti perjalanan, perhotelan, rekreasi dan perawatan kesehatan.

Bisa jadi kita juga bisa membangun ekonomi islam lewat konsep pariwisata Syariah, konsep pariwisata Syariah adalah proses penyempurnaan nilai-nilai Islam dalam semua aspek kegiatan pariwisata. Pariwisata Syariah mempertimbangkan nilai-nilai dasar umat Islam dalam presentasi mereka mulai dari akomodasi, restoran, hingga kegiatan pariwisata yang selalu mengacu pada norma-norma Islam. Industri pariwisata saat ini mengalami pertumbuhan luar biasa dalam pertumbuhan ekonomi.

Ketika sesuatu menjadi gaya hidup, tentu saja seseorang akan melakukan apa saja untuk memenuhinya, sehingga tidak mengherankan jika orang tersebut rela mengeluarkan banyak uang untuk bepergian. Oleh karena itu sektor pariwisata adalah salah satu penyumbang devisa utama bagi negara. Saat ini, dunia telah menyadari bahwa pariwisata adalah sektor ekonomi yang penting.

Industri pariwisata telah menjadi industri yang dinamis, di samping sektor-sektor lain seperti perbankan, keuangan, dan lainnya. Sektor pariwisata memberikan kontribusi sosial-ekonomi dan pengurangan kemiskinan, termasuk daerah-daerah yang tidak memiliki sumber daya alam, seperti wilayah Aceh itu sendiri. Tetapi dengan memajukan daerah-daerah yang tidak memiliki sumber daya alam, yaitu dengan membangkitkan atau mendorong melalui sektor pariwisata. Karena di sektor pariwisata masyarakat menjadi makmur. Peluang bisnis yang sangat terbuka di wisata syariah bagi masyarakat dan dapat meningkatkan pendapatan daerah tujuan.

Di Indonesia pengembangan tujuan syariah dimulai di 3 provinsi yaitu Banten, Aceh dan Lombok di mana Aceh sendiri merupakan daerah yang memiliki tujuan wisata yang indah, serta tingkat kehidupan masyarakat religius. Bagi saya, ini juga akan berdampak pada kehidupan masyarakat, sehingga lebih banyak wisatawan akan datang di daerah ini dan akan membuka peluang bagi masyarakat sekitarnya untuk melakukan bisnis atau bisnis untuk semua yang dibutuhkan oleh wisatawan. Peluang melakukan bisnis syariah itu sendiri sangat besar, terutama melihat bahwa di masa depan bisnis menjadi hal yang baik untuk dikembangkan.

Dalam pandangan saya, pariwisata sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena keberadaannya dapat menambah bidang bisnis bagi orang-orang di sekitar tempat wisata. Bisnis ini juga menjadi lebih beragam sesuai dengan kebutuhan tempat-tempat pariwisata pada umumnya, seperti penginapan, tempat makan dan jasa transportasi.

Seperti kita ketahui bahwa Islam mengatur kehidupan seorang Muslim dalam setiap aktivitas, baik dari aktivitas harian, bulanan dan tahunan. Jadi sektor pariwisata juga telah diatur oleh Islam. Itu karena pariwisata sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi seorang Muslim, seperti mempengaruhi ekonomi global atau ekonomi Islam.

Wisata Muslim Millenial

Dalam pikiran saya sendiri, target pasar wisata halal yang berkembang pesat adalah Millennial Muslim Tourism. Mengapa? Karena Millenial dapat mendorong pertumbuhan pasar pariwisata halal. Wisatawan milenial pada umumnya adalah kelompok unik dengan kebutuhan, karakter, motif, dan harapan khusus. Tidak seperti generasi sebelumnya, Millennial adalah penduduk asli digital dan sering berbagi pengalaman dan pendapat mereka secara terbuka di internet, terutama di situs media sosial.

Sekarang karena tren milenium, ekonomi Islam juga dapat berkembang karena wisatawan Muslim milenial. Di mana bisa dikembangkan dengan melakukan kegiatan ekonomi kreatif melalui milenium muslim. Ekonomi kreatif itu sendiri adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan kemakmuran dan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi kekuatan kreatif dan kreatif individu.

Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian karena saat ini industri akan bergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Ini dapat diimplementasikan dalam bentuk kreativitas lokal yang kemudian akan kami padankan dan promosikan sesuai dengan tujuan wisata yang ada. Apalagi sekarang bahwa era digital memudahkan Millennial untuk memberikan informasi terkait Ekonomi Islam melalui sektor pariwisata syariah.

Post a Comment

0 Comments