Pendiri Jalantikus.com, Weihan Liew, Prestasi dan Karyanya


Saat ini dapat dikatakan bahwa berbagai perangkat lunak atau aplikasi peralatan komputer dan gadget portabel telah menjadi subjek perburuan bagi sebagian besar warga digital. Diharapkan bahwa berbagai fungsi aplikasi dan perangkat lunak yang tersedia dapat membantu semua kebutuhan kita, mulai dari fungsi yang terkait dengan pekerjaan hingga fungsi yang berbau hiburan, atau hanya sekedar untuk bersenang-senang.

Bagi siapa saja yang suka mengunduh perangkat lunak atau aplikasi, tentu saja Anda pernah mendengar atau mengunjungi situs yang bernama JalanTikus.com, bukan? Yup, JalanTikus berkembang sebagai salah satu situs berbagi perangkat lunak dan aplikasi seluler terbesar di Indonesia dan memiliki konsep yang berbeda dan tentu saja menawarkan manfaat besar bagi pemburu perangkat lunak.

Jika kami memiliki banyak situs yang menawarkan perangkat lunak tanpa mempertimbangkan masalah hukum, JalanTikus sebenarnya lebih dari menyajikan repositori perangkat lunak, yang semuanya dijamin ‘aman’ untuk digunakan secara legal. Tidak hanya itu, situs web yang telah berjalan selama beberapa tahun ini, juga lebih mencintai Indonesia. Buktinya, JalanTikus juga telah dikonseptualisasikan sebagai tempat bagi pengembang perangkat lunak lokal untuk memperkenalkan karya mereka.

Ngomong-ngomong, di balik kesuksesan itu pasti ada otak brilian yang telah merancang pembuatan situs tersebut dengan nama unik ini. Weihan Liew, adalah otak dari adanya website ini, ia spesialis IT dan internet yang akhirnya berhasil membangun JalanTikus.com dengan berbagai pencapaian.

Siapakah Weihan Liew, mari kita kenalan
Terlihat, jika kita mendengar namanya mungkin tidak banyak orang yang mengenal sosok Weihan Liew. Namun, jika kita melihat pengalaman kerja dan kinerjanya, Weihan dapat dikatakan sebagai salah satu pencipta perusahaan digital skala besar di Indonesia.

Bagaimana tidak, pria yang pernah belajar di Monash University di Australia dan menyelesaikan program MBA dengan jurusan Ekonomi Keuangan di University of Chicago - Booth School of Business ini pernah mencoba posisi penting di perusahaan kelas dunia seperti Microsoft.

Melihat portofolio profilnya saja di halaman LinkedIn, setelah menyelesaikan pendidikannya di Monash University Australia, Weihan menguji pekerjaannya sebagai Associate di Boston Consulting Group. Karirnya di dunia nasihat ekonomi dilaksanakan hingga 3 tahun hingga 2002. Setelah meninggalkan pekerjaannya di Boston Consulting Group, ia melanjutkan gelar masternya di University of Chicago - Booth School of Business.

Waktu istirahat kerja yang digunakan untuk mengikuti pendidikan tinggi sebenarnya membawa Weihan ke jalur karier yang lebih tinggi. Baru pada 2004 ia mendapat pekerjaan baru di perusahaan raksasa Microsoft. Dia bekerja untuk wilayah Microsoft China di departemen Penelitian dan Pengembangan (RnD). Posisi yang tak terlupakan yang berhasil ia raih, yaitu Senior Product Manager, Windows Phone. Ini tentu saja merupakan pencapaian yang luar biasa, karena dapat bekerja di perusahaan multinasional dengan posisi yang baik.

Setelah berkarier selama 4 tahun di Microsoft China, catatan kerjanya juga bertambah. Tidak jauh dari dunia bisnis digital, yaitu pada 2008, ia menjalani karier sebagai direktur Nokia Growth Partners. Pengalaman itu berlangsung 3 tahun hingga 2011. Pengalaman memasuki dan meninggalkan perusahaan teknologi kelas dunia memastikan bahwa pandangan Liew berkembang begitu luas. Sampai akhirnya bermuara pada pemikiran untuk mengembangkan perusahaan independen di negara mereka sendiri.

Lihat peluang dan kembangkan bisnis digital
Pengalaman bepergian ke luar negeri di tanah orang digunakan sebagai modal berharga bagi Weihan untuk mengembangkan perusahaan di Indonesia. Dan setelah beberapa waktu persiapan dan pengembangan, ia akhirnya mendirikan perusahaan digital sendiri yang berhubungan dengan dunia hiburan, terutama game online.

Penerbit game berlabel MainGames, pada 2011 Weihan mengembangkan berbagai judul game online. Sejauh ini ada lima judul game online yang dikelola oleh MainGames yaitu Soul Keeper, Liga Champions, Trinity Online, Eternal Enemies dan juga game MMORPG Naruto Manga, Konoha Ninja. Perkembangan tren game online di Indonesia yang sedang berkembang menjadikan MainGames salah satu penerbit game yang diperhitungkan. Namun tidak cepat puas, dengan hati-hati melihat celah bisnis dalam persaingan dari penyedia perangkat lunak dan aplikasi, Liew memperluas lagi untuk membangun situs web JalanTikus.com.

JalanTikus.com - Cara alternatif untuk mengunduh perangkat lunak yang aman dan legal
Pada 2012, ide Weihan Liew untuk mengatur unduhan perangkat lunak dan situs unduhan aplikasi akhirnya terwujud. Nama unik yang dipilih adalah JalanTikus.com. Dalam namanya ada harapan bahwa situs tersebut menjadi cara alternatif bagi pencari perangkat lunak, baik komputer maupun perangkat seluler yang menginginkan jalur "aman" untuk mendapatkan perangkat lunak yang ditargetkan.

Secara umum, JalanTikus membagi item unduhan menjadi 2 yaitu perangkat lunak umum dan aplikasi game. Dari keduanya kemudian dibagi lagi yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows dan juga untuk #Android. Seperti disebutkan sebelumnya, keuntungan dari situs web JalanTikus adalah jaminan bahwa semua perangkat lunak dan aplikasi yang ditampilkan aman dari virus dan legal atau tidak melanggar lisensi mereka. Beberapa perangkat lunak yang terdaftar di JalanTikus memiliki freeware, lisensi open source dan beberapa lainnya premium atau berbayar.

Selain item unduhan ini, JalanTikus juga menghadirkan berbagai fungsi, termasuk ulasan aplikasi lengkap, kiat, konten video, forum tanya jawab dan yang terbaru adalah ulasan gadget. Semuanya dikemas dalam tipografi situs yang sederhana, modern, dan informatif.

Weihan Liew dan Mission meningkatkan potensi pengembang lokal
Pada satu kesempatan, Weihan mengatakan bahwa salah satu tujuan utama JalanTikus adalah untuk membantu mempromosikan potensi pengembang perangkat lunak lokal di Indonesia. Dia juga ingin membuat perbedaan dibandingkan dengan situs penyimpanan aplikasi besar seperti Google Play atau Windows Application Store yang mengejar nilai komersial lebih.

Dengan pengalamannya dalam manajemen, terutama di bidang bisnis digital, yang sangat matang, Weihan Liew ingin membuktikan bahwa potensi lokal dapat bersaing di tingkat internasional. Seorang tokoh dengan visi untuk masa depan dan mampu melihat potensi kesenjangan semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, terutama bagi rekan-rekan yang melakukan pekerjaan perintis di belantara dunia digital. Apakah Anda ingin mengikuti jejaknya?

Post a Comment

0 Comments