F Kata-kata Mutiara Abuya Uci Turtusi dan Perkataan beliau Tentang Jokowi

Kata-kata Mutiara Abuya Uci Turtusi dan Perkataan beliau Tentang Jokowi

Ada banyak sekali kata-kata mutiara yang kami dengar dari pengajian beliau abuya KH Uci turtusi. Saking banyaknya tidak terhitung dan bagaimana persisnya beliau berkata dengan kata-kata mutiara yang indah.

Tetapi pada intinya, beliau abah Uci selalu mengutamakan tentang ilmu tasawuf dalam setiap pengajiannya, beliau selalu mengingatkan jamaah agar selalu takut dan ingat kepada Allah.

Dalam ilmu syariat, kita mempelajari yang namanya solat dan gerakan-gerakannya, tetapi kita sering lupa tentang bagaimana esensi dari solat itu. solat yang utama bagi abah uci adalah solat yang selalu khusuk mengingat allah, janganlah solat ketika solat malah ingatnya kepada dunia, kepada warung, kepada pabrik, istri anak keluarga. Beliau menyarankan untuk berusaha khusuk ingat kepada Allah. Itulah gambaran kecil kata-kata mutiara yang selalu beliau sampaikan kepada jamaahnya.

Sesungguhnya dijaman sekarang ini kita sulit menjumpai kiai sekaliber beliau. Maksudnya, disaat para kiai cenderung mengompori umat agar berbenturan dengan sesamanya, disaat banyak ulama yang suka berbicara politik yang tidak jelas jeluntrungnya, beliau abah uci malah terus mengingatkan tentang keutamaan-keutamaan ubudiah dan persoalan hati agar terus mengingat Allah.

memang dalam tiap pengajiannya, beliau kadang-kadang menyinggung persoalan politik di negeri ini agar para jamaahnya tidak kebingungan dalam memilih arah politik. akan tetapi beliau sendiri tidak pernah terjun kedunia politik bahkan bersentuhan langsung dengan para pejabat. Ini juga merupakan keistimewaan tersendiri bagi pribadi beliau.

Artinya beliau ngomongin politik tetapi mengharamkan dirinya terjun ke politik bahkan bersentuhan langsung dengan pejabat atau pemerintah. Di dalam pengajiannya, beliau pernah bercerita bahwa presiden sekarang, yakni Jokowi pernah mengutus salah seorang ajudannya agar beliau abah uci meluangkan waktunya bertemu dengan Presiden Jokowi. dalam pengakuannya, Abah uci menolak halus permintaan Jokowi tersebut. Meski arah politik beliau berbeda dengan Jokowi, beliau tidak pernah menyinggung atau mengajak jamaahnya untuk membenci Jokowi. Itulah kelebihan dari pengajian beliau sehingga jamaahnya selalu membludak diikuti oleh berbagai kalangan.

Tentang jokowi sendiri, ketika menjelang pemilihan umum. beliau abah uci pernah bercerita didatangi oleh salah seorang pertapa dari gunung di Pandeglang, si pertapa itu konon kabarnya tidak pernah turun, tetapi menyempatkan diri datang ke cilongok untuk memberi kabar kepada abah uci, dengan pesan tusuk konde. artinya, kata beliau bahwa nanti yang akan menang pada pemilihan umum adalah kubu megawati, meski demikian, beliau menyarankan jamaahnya agar tidak memilih jokowi, meskipun beliau tahu bahwa jokowilah yang akan menang, sehingga jamaah pengajian dari cilongok tidak kaget ketika jokowi menang sebab satu bulan sebelumnya sudah diberitahu oleh abuya uci lewat pengajiannya, sehingga orang-orang yang menjadi santri atau jamaah pengajian beliau tidak emosi atau demo walaupun jokowi memang,

itulah kelebihan dari nikmatnya mengikuti pengajian beliau di cilongok. dimana jamaah tidak pernah digiring oleh beliau atau dipaksa untuk memilih A atau B, beliau hanya selalu menyarankan saja.

Ada banyak kata mutiara tentunya dari beliau sehingga akan lebih baik jika mendengarkan langsung pengajian beliau baik melalui youtube atau pun mp3 yang sudah tersebar banyak di internet. semoga tulisan ini bermanfaat

Post a Comment

0 Comments