F Keberhasilan Strategi Ekonomi China

Keberhasilan Strategi Ekonomi China

Republik Rakyat Cina telah benar-benar menjadi raksasa yang terbangun dari tidur. Meskipun bukan kekuatan tertinggi abad ini. Tapi fenomena China memang luar biasa. Mereka menjadi pusat perekonomian negara terbesar kedua. Dan mereka mempunyai jaringan politik internasional yang lebih kuat ketimbang masa lalu.

Cina adalah contoh penting dari negara yang bisa jatuh dari perangkap negara miskin.

Prestasi ini mungkin tidak mengejutkan bagi banyak orang. Karena Cina tumbuh dari basis luar biasa rendah, bagaimanapun, seiring waktu. Perekonomian Cina terus tumbuh selama beberapa dekade berturut-turut.

Apalagi Reformasi ekonomi mereka dapat dilanjutkan dan diubah secara dramatis di dunia yang terus berubah.

Keberhasilan China telah terjadi selama 40 tahun terakhir, karena tidak ada negara di dunia kapitalis yang telah melakukannya.
Banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan China. Mungkin keduanya dalam hal visi strategis dan memperkuat komitmen dari proses reformasi. Menariknya. Keberhasilan China tidak bergantung pada konsep ekonomi Barat. Dan tidak bergantung pada kekuatan pasar seperti banyak negara lain. Keberhasilan Cina tentunya layak dipelajari.

Strategi ekonomi Republik Rakyat Cina tidak pernah mengabaikan gambaran besar masyarakat dan politik. Sejak era reformasi ekonomi, Presiden Mao Zedong meloloskan reformasi Deng Xiaoping ke era sekarang di bawah Presiden Jin Ping. Aturan China bahwa itu adalah kediktatoran. Tapi sebenarnya ini merupakan kombinasi dari orang-orang yang mendengarkan dan mengandalkan pendapat banyak orang, sesuai dengan tatanan sistem demokrasi baru yang telah didirikan sejak zaman Presiden Mao Zedong, yang dikenal sebagai demokrasi tertinggi.

Kekuatan manajemen pemerintahan sangat kuat dan sangat efektif.
Kita dapat mengamati bahwa reformasi di banyak negara demokratis tidak dapat dilaksanakan, sementara reformasi di negara-negara otoriter tidak berhasil. China berhasil. Menariknya Cina adalah negara dengan populasi terbesar dan mengalami kekurangan pangan yang parah. Pemerintah Cina telah mengalami hal itu dengan menjaganya tetap stabil. Khususnya sepanjang tahun. 1958-1962, Cina telah menghadapi kelaparan besar dan telah kehilangan banyak nyawa.

Strategi Cina dengan melalui jalan empati dan perjuangan penuh pemikiran di antara para pemimpin Cina. Itu dimodifikasi sesuai dengan keadaan masalah dan politik di dalam Partai Komunis China. Tetapi ini mencerminkan kesuksesan daripada kegagalan.
Kepemimpinan Marxis-Leninis Cina adalah dasar untuk perencanaan strategis ekonomi mereka. Seperti Uni Soviet. Namun ada yang lebih halus. China juga memiliki transfer daya yang halus.
Sejak awal, Cina tidak bergantung pada model ekonomi kapitalis. Mao Zedong, di masa mudanya mempelajari banyak karya Adam Smith selaku bapak ekonomi. Namun kemudian, iman dalam Marxisme-Leninisme tertanam dalam jiwanya.

Para pemimpin Cina juga mempelajari Marxisme dari Uni Soviet. Perencanaan ekonomi sebelum pembukaan negara, begitu murni Marxisme. Sampai pembukaan suatu negara, maka kapitalisme dan ekonomi Barat lebih banyak diadopsi mereka.
Teori Marx adalah teori materialistis yang selalu melihat perkembangan ekonomi. Masyarakat dan Politik. Hal ini didasarkan pada kekuatan hubungan produksi dan reproduksi.
Daya produksi adalah kemampuan yang dapat dihasilkan manusia atau tenaga kerja untuk kesejahteraan sosial. Sedangkan Produktivitas adalah hubungan manusia dengan proses produksi, seperti hubungan antara buruh dan kapitalisme dalam masyarakat kapitalis. Dan hubungan antara petani dan tuan tanah di masyarakat feodal. Pandangan ini tidak berbeda dengan ekonomi kapitalis. Tetapi perbedaannya terletak pada persepsi konflik dalam hubungan produksi yang sering bertentangan.

Konflik antara pemodal dan tenaga kerja pada eksploitasi berlebihan yang dihasilkan oleh masyarakat merupakan jantung ekonomi politik Marxis.

Di bawah Rencana Strategis Cina, Para pemimpin negara tersebut telah banyak berjuang dan bertukar gagasan demi membebani kekuatan produksi. Atau koreksi hubungan produksi. Apa yang perlu kita pelajari?

Pemimpin Cina di era penutupan memiliki Ketua Mao Zedong sebagai pemimpin tertinggi. Sementara itu, para pemimpin progresif termasuk Liu Sha dan Zhou Enlai. Untuk partai politik di dalam partai itu. Bagian utamanya adalah tradisionalisme populer Mao Zedong, yang menekankan kesetaraan di antara orang-orang. Pihak lain dipimpin oleh Liu Qiaqi, yang telah diposisikan sebagai pengganti Mao, dan menekankan kemampuan ekonomi dan pertanian untuk merawat penduduk China.

Liu Qi, yang sering bertanggung jawab atas pemulihan ekonomi. Namun, saat itu tidak berakhir selama Revolusi Kebudayaan yang dipengaruhi oleh istri Jiang Mao Zedong.

Pada saat Cina melihat kegagalan Revolusi Kebudayaan dan partai Liu Qi, yang mana Deng Xiaoping sebagai pemimpinnya, menggantikan Mao Zedong untuk mendapatkan kekuasaan. Strategi Nasional selama waktu itu, ekonomi dunia menghadapi masalah biaya hidup dan krisis minyak global. Keterbukaan China terhadap strategi baru konsisten. Cina memiliki upah yang sangat rendah. Dapat menghasilkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan negara lain.

Distribusi ke berbagai daerah. Di Cina, itu lebih efektif.
Pendekatan strategis baru, yang disebut Kebijakan Modern 4, adalah reformasi ekonomi global dan peningkatan produktivitas masyarakat.

Empat reformasi China adalah di bidang pertanian. Keamanan Nasional, sains dan teknologi. Dari sudut pandang keamanan nasional yang asli dan ketaatan pada ideologi Marxis-Leninis, Mao Zedong tidak memiliki minat yang kuat untuk mereformasi ekonomi dan bergerak maju.

Kepercayaan populer adalah bahwa ide awal Mao adalah tentang kebesaran bangsa yang berasal dari populasi yang besar.
Liu Qi - Deng Xiaoping melihat kesalahan pemerintah (pada saat itu) dalam menanggulangi masalah ekonomi dan kelaparan. Dan ketika menyangkut kekuasaan, ia melihat bahwa China harus bergantung pada strategi perubahan yang sesuai dengan negara yang berpenduduk padat dan berdaya rendah.

China Baru Berbelok ke Populasi Terbatas, Memungkinkan mobilitas tenaga kerja. Pemerintah telah berkurang. Dan telah menambahkan campuran kapitalisme dan pengetahuan baru tentang Barat ke dalam masyarakat. Untuk mengubah negara.

Deng Xiaoping berkomentar bahwa China harus mengizinkan ke arah kota. Perkembangan yang sama. Pengembangan Zona Ekonomi Khusus, zona pesisir, yang ideal untuk ekonomi global.
Reformasi berkelanjutan dalam arah ini telah menjadikan China sebagai anggota Organisasi Perdagangan Dunia pada 2001 dan mendapat banyak manfaat.

Perekonomian Cina telah menjadi faktor penentu tingkat upah dan harga dunia. Akibatnya, inflasi global dan tingkat kenaikan upah menjadi rendah.

Pada akhir tahun 2000-an, strategi Deng Xiaoping ditantang oleh krisis ekonomi global yang melanda Amerika Serikat ke Eropa dan berdampak pada China dan Asia.

Para pemimpin Cina terus mengikuti dari gagasan Deng Xiaoping melalui Jiang Zemin.

Dalam kebijakannya, pemerintah China berfokus pada kebijakan stimulus jangka pendek. Investasi besar-besaran oleh sektor publik telah menghasilkan peningkatan pesat dalam utang publik di Cina.
Maka ia harus beralih ke lebih banyak konsumsi untuk mengkompensasi ekspor yang lebih lambat, yang konsisten dengan pendekatan Keynesian Barat.

Utang swasta dan milik negara ternyata merupakan resiko baru, dan ekonomi jangka panjang China tidak bisa tumbuh setinggi itu.
China menghadapi masalah baru Baik penutupan AS maupun kontraksi manufaktur global.

Saat ini, Cina telah mampu merevisi strateginya setelah mencapai strategi One Belt-One Road, serta mengencangkan kekuatannya di dalam partai seperti yang pernah dilakukan Deng Xiaoping.
Strategi ini mungkin membutuhkan waktu untuk menentukan apakah strategi Jinpin akan berhasil dalam praktiknya.

Strategi ini telah membantu China mengatur kerangka kerja untuk berbagai negara. Memfasilitasi infrastruktur yang bermanfaat bagi Cina. Dengan pinjaman dan pengawasan ketat dari pemerintah Cina.

Sementara itu, Cina memiliki dorongan lain untuk membantu memperkuat ekonomi nasionalnya. Termasuk relaksasi sebagai masalah dalam kaitannya dengan produksi.

Ini adalah kebijakan perdagangan bebas. Teknologi otak Dan teknologi energi.

Selain ide-ide yang diwarisi oleh guru ekonomi besar seperti Adam Smith dan Joseph Chou Peter, China perlahan mengubah cara berpikir dan mekanisme kapitalismenya sendiri.

Post a Comment

0 Comments