5 Langkah Cara Menjadi Penulis yang Baik dan Selalu Berkembang Setiap Hari

Langkah 1: Menjadi pembaca yang lebih baik
Langkah 2: Tulis Setiap Hari
Langkah 3: Mulai ngeBlog
Langkah 4: Belajar Menulis Secara Online
Langkah 5: Temukan Tempat untuk Mendapatkan saran dan kritik

***********
Sesederhana itu! Tentu saja jika Anda benar-benar serius ingin menjadi penulis, baca terus untuk mendapatkan energi dan tips untuk membantu Anda dengan baik.

Mari kita uraikan satu persatu

1) Menjadi Pembaca yang Lebih Baik
Semua penulis terbaik yang saya tahu juga pembaca yang rakus. Semakin banyak Anda membaca, dan khususnya semakin banyak buku yang Anda baca, semakin banyak Anda menjadi seorang penulis yang hebat.

Tanpa sadar Anda akan menginternalisasi semua unsur-unsur teks, dan perlahan-lahan mulai menerapkannya dalam tulisan Anda sendiri.

Tidak hanya itu, membaca memberi Anda ide. Banyak sekali ide. Dan semakin banyak ide yang Anda miliki, semakin mudah untuk meletakkannya di atas kertas.


2) Tulis Setiap Hari
Seperti apa pun dalam hidup, latihan adalah bagian sempurna bagi seorang penulis.

Jika Anda hanya menulis 3 tweet saja sebulan, Anda mungkin tidak akan banyak berkembang.

Tetapi jika Anda menulis setiap hari maksudnya bisa 30 sampai 120 tweet dalam sebulan, mungkin anda bisa berkembang. Anda akan mulai menyadari prosesnya menjadi lebih mudah. Pikiran dan ide menjadi lebih jelas. Dan yang paling penting, Anda akan mulai menikmatinya lebih banyak.

Selalu lebih menyenangkan untuk melakukan hal-hal yang kita kuasai. Begitu juga dengan menulis. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan berkomitmen pada sejumlah kata tertentu setiap hari. Misalnya, anda mentargetkan membaca 3 buku dalam sebulan lalu menulis satu halaman per hari.

3) Mulai ngeBlog
Berbicara tentang blog, ini adalah salah satu media yang membuat anda menjadi penulis yang hebat. Sebenarnya sangat sederhana sekali untuk menjadi penulis, cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan memulai ngeblog. Percayalah memulai ngeblog sepenuhnya akan mengubah hidup anda.

4) Belajar Menulis Secara Online
Saya tidak menganjurkan ini kecuali anda sudah bisa menulis satu dua artikel. Saya belajar mengasah keterampilan menulis sesungguhnya lewat online, melalui Blog keroyokan bernama Kompasiana, lalu meminta kepada rekan-rekan penulis yang hebat untuk mengomentari tulisan saya. Saya juga belajar menulis puisi yang baik dan benar dari mereka, saya juga belajar menulis Esay dan cerpen dari mereka. Sederhana itu, hanya dengan bertanya kepada para penulis hebat, mereka pasti akan membantu anda.

5) Temukan Tempat untuk Mendapatkan saran dan kritik
Ini masalah umum, bukan hanya dengan penulis, tetapi dengan para kreatif atau orang-orang bisnis secara keseluruhan.

Sering kali kita sulit untuk mendapatkan umpan balik yang nyata dari orang-orang karena mereka menganggap anda sudah menjadi baik.

Mereka lebih baik diam dan bersikap sopan daripada memberi tahu Anda apa yang perlu Anda dengar.

Ketika Anda ingin mencoba meningkatkan keterampilan menulis, Anda perlu menemukan umpan balik yang jujur.

Ibumu mungkin bukan orang terbaik untuk mengkritik pekerjaanmu. Tapi anda membutuhkan saran yang bagus darinya.

Temukan rekan atau mentor bisnis yang Anda percayai, atau Anda dapat menemukan komunitas online untuk mendapatkan  umpan balik yang nyata.

Post a Comment

0 Comments