3 Tips Membaca Buku Ala Miliader dan Bagaimana Bill Gates Membaca Buku?


"Semua buku, itu bisa membuka jalan bagi pengetahuan baru untuk dipelajari" - Bill Gates

Bill Gates adalah salah satu tokoh paling terkenal di dunia bisnis. Dia adalah salah satu orang terkaya di planet bumi, seorang filantropis, investor, dan co-founder Microsoft, yang menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Apa yang menarik untuk dicatat adalah bahwa Gates adalah dia orang yang sangat rajin membaca buku.

Semua orang ingin menjadi kaya dan sukses seperti Bill Gates. Salah satu kebiasaan kunci yang paling penting yang dapat kita pelajari darinya adalah keteguhannya dalam belajar dan membaca. Gates mengembangkan hasratnya yang besar dalam membaca buku sejak usia yang masih sangat muda. Ketika dia masih anak kelas lima SD, dia membaca hampir semua buku dari mulai novel sampai karya ilmiah, bahkan dia juga membaca ensiklopedi. Gates begitu terobsesi untuk selalu membaca buku, bahkan orang tuanya sempat membuat peraturan "tidak boleh membaca" di meja makan.

Hingga hari ini, Bill Gates masih terus membaca. Baru-baru ini, dia mengungkapkan bahwa dia telah membaca setidaknya 50 buku non-fiksi dalam setahun. Dia juga mengatakan bahwa dia lebih suka membaca buku non-fiksi karena buku tersebut menjelaskan bagaimana dunia bekerja dan dia hanya menyukai ilmu pengetahuan dan referensi.

Kebanyakan orang akan memiliki pertanyaan: “Bagaimana dia bisa membaca begitu banyak buku dalam setahun?” Dan “bagaimana cara dia membacanya?”

Ini persis seperti apa yang akan Anda temukan dalam artikel ini. Berikut adalah beberapa tips yang dibagikan Bill Gates selama wawancara.

Ambil Catatan

Menurut Gates, untuk mendapatkan hasil maksimal dari buku saat Anda membaca, Anda harus mencatatnya di dalam batas buku. Inilah yang kebanyakan orang tidak akan pernah lakukan ketika mereka membaca. Bagi kebanyakan orang, mereka hanya akan memilih buku, duduk dengan nyaman dan mulai membaca. Bahkan ketika sebuah ide luar biasa datang kepada mereka saat membaca, mereka memilih untuk melanjutkan membacanya saja. Dan setelah membaca, ada kemungkinan besar bahwa mereka telah melupakan ide-ide tersebut.

Jangan biarkan ini terjadi pada Anda. kata Bill Gates, Gates selalu membaca dan berhenti sesekali untuk menuliskan ide-ide yang menurutnya menarik. Anda harus melakukan hal yang sama. Ketika Anda menuliskan sesuatu, itu berarti Anda memperkuat ide-ide dalam pikiran Anda. Dengan cara ini, Anda akan mengingatnya lebih baik. Dan yang lebih penting lagi, Anda dapat benar-benar fokus untuk mendapatkan hasil maksimal dari buku yang Anda baca daripada sekadar membaca dan membacanya saja.

Jangan Mulai Apa yang Tidak Dapat Anda Selesaikan

Prinsip penting lainnya yang dibagikan oleh Bill Gates adalah Anda tidak boleh memulai apa yang tidak dapat Anda selesaikan. Dia hanya membaca buku karena menghindari membaca buku apa pun yang tidak bisa dia baca sampai selesai.

Prinsip ini mungkin sedikit sulit untuk dipahami, tetapi ketika Anda terus membaca buku tetapi tidak menyelesaikannya, itu akan meninggalkan banyak kesalahpahaman tentang poin-poin kunci dan celah dari buku-buku yang Anda baca. Plus, membaca adalah kebiasaan. Dan ketika Anda terus menerus membaca buku baru, ternyata anda belum menyelesaikannya, ini akan berkembang dalam karakter diri Anda dan akan ditampilkan dalam kehidupan nyata.

Jadi pilihlah untuk membaca buku sampai selesai, lalu mulailah lagi membaca buku yang baru.

Baca Buku Fisik dari eBuku

Gates mengatakan bahwa dia akan beralih dari membaca buku kertas ke buku digital "Tapi ketika saya hanya duduk di sana pada malam hari saja."

Tentu saja, Anda dapat memilih untuk membaca buku fisik atau e-book, isinya sama, tetapi ketika menyangkut kenyamanan membaca, buku fisik kertas akan menang. Ini karena membaca eBook akan membuat mata Anda tegang dan lelah jika Anda menatap layar untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, temukan apa yang terbaik untuk Anda. Misalnya, ketika Anda sedang bepergian atau menunggu, Anda dapat membaca buku digital dari tablet atau ponsel Anda. Dan ketika Anda dalam posisi bebas, Anda dapat memilih untuk membaca buku-buku fisik. Buatlah proses membaca yang menyenangkan sehingga Anda bisa melakukan lebih banyak lagi.

Blokir Satu Jam Demi Membaca

Akhirnya, Gates berbagi bahwa jika Anda benar-benar ingin membaca banyak buku dan mendapatkan hasil maksimal dari membaca, Anda harus memblokir setidaknya satu jam setiap hari yang ditujukan untuk membaca. Dia berkata, “Ini bukan hal yang dapat Anda lakukan lima menit di sini, 10 menit di sana. Artikel majalah atau video YouTube pendek masuk ke dalam slot kecil itu. ”

Pemblokiran waktu adalah salah satu teknik produktivitas paling kuat yang dapat dimanfaatkan siapa pun untuk menyelesaikan berbagai hal. Dan Gates telah menggunakan teknik ini untuk membaca sebanyak mungkin dan belajar sebanyak mungkin dari buku yang dia baca. Jika Anda serius untuk membaca buku dan menjadikannya bagian dari hidup Anda, inilah yang harus Anda lakukan.

Berkomitmenlah setidaknya satu jam tanpa terganggu demi membaca buku. Dan ketika Anda membaca, jangan terganggu atau melakukan hal-hal lain. Berkonsentrasilah pada bacaan, mencatat dan merenungkan apa yang telah Anda baca.

Bill Gates juga mengatakan bahwa membaca bukan hanya tentang membaca kata-kata, ketika Anda menaruh perhatian pada pemikiran dan menghubungkan apa yang telah Anda baca dengan hidup Anda, nilai buku itu meningkat secara signifikan. Dan ini adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari membaca buku.

Ini adalah empat tips yang diberikan oleh seorang miliarder, Bill Gates tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari sebuah buku dan pada saat yang sama, Gates juga mengatakan bahwa daripada membaca secara pasif, Anda harus mengubah bacaan Anda menjadi kebiasaan aktif.

Bagi kebanyakan orang, membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan tindakan untuk belajar lebih banyak, tetapi hal ini bisa lebih banyak jika Anda bersedia melakukan proses itu menjadi latihan intelektual untuk memperkuat otot mental Anda. Dan ketika Anda melakukannya, Anda akan dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir kreatif, dan belajar aktif. Membaca kemudian akan menjadi bagian dari gaya hidup Anda yang akan mengubah dan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Post a Comment

0 Comments