F 30 Alasan Kenapa Harus Membaca Buku

30 Alasan Kenapa Harus Membaca Buku

1. Memberikan Pengetahuan

Salah satu alasan terbesar mengapa kita harus membaca buku adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Buku adalah sumber yang kaya dengan informasi. Membaca buku mengenai mata pelajaran yang bervariasi akan memberikan informasi dan meningkatkan ilmu pengetahuan yang mendalam. Setiap kali Anda membaca buku, Anda akan belajar informasi baru yang sebelumnya mungkin belum anda ketahui.

2. Meningkatkan Kecerdasan otak Anda

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa membaca buku, memiliki efek positif yang kuat pada otak manusia. Dengan membaca buku, otak akan tumbuh secara mental, Anda juga dapat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer. Dengan begitu otak Anda akan tercegah dari kepikunan. Otak adalah otot dan seperti otot lain dalam tubuh, latihan terus menerus itu diperlukan agar semakin bertambah kuat dan sehat. Mirip dengan memecahkan teka-teki, membaca buku adalah cara yang bagus untuk melatih otak Anda agar tetap sehat.

3. Mengurangi Stres

Membaca buku, juga memiliki efek positif pada tubuh manusia. Membaca buku dapat menghilangkan stres lebih cepat daripada berjalan-jalan atau mendengarkan musik. Menurut beberapa penelitian, orang yang membaca buku lebih cenderung memiliki tingkat stres lebih rendah.

4. Meningkatkan Memori

Setiap kali Anda membaca buku, Anda akan mengingat soal aturan buku, karakter, latar belakan, sejarah, kepribadian, sub-plot dan banyak lagi. Seandainya otak Anda belajar untuk mengingat semua ini, niscaya memori Anda akan menjadi lebih baik. Terlebih lagi, dengan setiap memori baru yang Anda buat, Anda telah membuat jalur baru di memori otak anda dan ini memperkuat memori yang sudah ada.

5. Meningkatkan Imajinasi

Semakin banyak Anda membaca, maka imajinasi Anda akan semakin kuat. Setiap kali Anda membaca buku fiksi, itu akan membawa Anda ke dunia lain. Dunia baru, imajinasi tersebut akan bekerja yang terbaik saat Anda mencoba untuk melihat hal-hal dalam pikiran Anda sendiri.

6. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis

Salah satu manfaat utama dari membaca buku adalah kemampuannya untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Misalnya, ketika membaca novel misteri, hal tersebut akan mempertajam pikiran Anda. keterampilan berpikir kritis ini sangat penting. Membaca membutuhkan seorang individu yang berpikir kritis. Semakin banyak Anda membaca, semakin dalam pemahaman Anda tentang realita dan fakta yang dibuat-buat.

7. Memperbanyak Kosakata

Membaca buku akan memperbanyak kosakata Anda dan beberapa literatur bahasa. Ketika Anda membaca, Anda akan menemukan kata-kata baru, idiom, bahasa-bahasa baru, frasa dan gaya penulisan.

8. Meningkatkan keterampilan menulis

Membaca buku, bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk menjadi penulis yang lebih baik. Sama seperti artis yang bisa mempengaruhi orang lain, begitu juga penulis. Banyak penulis yang sukses memperoleh keahlian dengan (sebelumnya) membaca karya orang lain. Jadi, jika Anda ingin menjadi penulis hebat, mulailah dengan belajar dari master sebelumnya.

9. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Membaca buku bisa meningkatkan keterampilan anda dalam mengolah banyak kosa kata dan tulisan Anda. Hal ini tentusaja disamping menambahk keterampilan komunikasi Anda. Semakin banyak Anda membaca dan menulis, maka anda akan semakin baik dalam berkomunikasi. meningkatkan hubungan Anda dan bahkan membuat karyawan atau siswa menjadi lebih baik.

10. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Dalam gaya hidup kita yang sibuk, perhatian kita sering ditarik dalam arah yang berbeda setiap hari, saat anda mencoba melakukan multi-tasking setiap hari. Sebagai contoh, Anda mungkin bisa membagi waktu antara bekerja dan bersantai, mengobrol dengan orang lain melalui Skype, memeriksa email, mengawasi Facebook dan berinteraksi dengan rekan-rekan Anda. Semua ini yang disebut multi-tasking, hal ini dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan produktivitas yang rendah. Ketika Anda membaca buku, semua perhatian Anda akan terfokus pada apa yang Anda baca. Mata dan pikiran Anda tenggelam dalam rincian cerita. Hal ini meningkatkan konsentrasi dan fokus. Membaca buku setidaknya 20 menit sehari bisa membuat anda lebih banyak fokus untuk konsentrasi.

11. Menciptakan hobi yang Tidak Ada bosannya

Membaca buku bisa membuat seseorang duduk berjam-jam lamanya. Hal ini juga mengarah pada menghabiskan berbagai waktu. Ini tidak hanya membantu Anda menyingkirkan kekhawatiran, tetapi juga mengalihkan pikiran kita dari keadaan monoton. Buku adalah sumber yang sangat baik dari sebuah rekreasi. Seseorang yang suka membaca tidak pernah bisa bosan, karena membaca buku merupakan cara sempurna untuk menghilangkan kebosanan. Buku bisa membawa Anda ke dunia lain yang berbeda.

12. Hiburan Murah

Dibandingkan dengan hiburan lainnya, membaca buku adalah hiburan yang cukup murah. Anda tidak perlu membeli tiket bioskop Rp 35.000 untuk dua jam, dengan uang sebesar itu anda bisa membeli satu buku hiburan yang bisa menghibur anda lebih dari dua jam lamanya. cukup murah.

13. Motivasi

Hidup ini penuh tantangan. Ketika kita bergerak melalui fase yang berbeda dalam hal yang berbeda, sedikit motivasi dapat sangat membantu. Membaca buku inspiratif tentang pengalaman hidup orang lain, 50% dapat mengubah cara pandang hidup Anda. Membaca buku yang bagus, otobiografi dan kisah hebat dari orang lain, dapat membuat Anda belajar tips mencapai tujuan hidup. Pada dasarnya, Anda mendapatkan inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dalam keluarga contohnya, suami, istri, anak ibu, ayah atau bahkan karyawan.

14. Meningkatkan kesehatan

Ada ribuan, jika tidak jutaan, buku yang mengupas kesehatan. Banyak dari buku-buku ini  dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Membaca buku-buku seperti mengurangi tingkat depresi. Orang dengan depresi berat bisa mendapatkan keuntungan dari membaca buku self-help. Terlepas dari ini, buku-buku seperti menawarkan tips penting tentang berolahraga, diet dan tips hidup sehat lainnya. Semua ini mengarah menuju perbaikan kesehatan mental dan fisik.

15. Membuat Anda lebih berempati

Menurut penelitian, kehilangan diri Anda dalam buku, terutama fiksi, dapat meningkatkan empati Anda. Dalam penelitian yang dilakukan di Belanda, para peneliti menunjukkan bahwa orang-orang yang emosionalnya terbawa oleh sebuah karya fiksi akan mengalami dorongan dalam empati. Dengan membaca buku, Anda akan menjadi bagian dari cerita dan merasakan rasa sakit dan emosi lain dari karakter yang ada dalam cerita. Hal ini pada gilirannya memungkinkan pikiran Anda untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana hal yang berbeda mempengaruhi orang lain. Akhirnya, membaca buku meningkatkan kemampuan Anda untuk menekankan pentingnya memahami karakter orang lain.

16. Meningkatkan Keterampilan

Membaca pada dasarnya adalah  membangun keterampilan mendasar. Untuk setiap kursus yang baik, ada buku yang cocok untuk pergi dengan semua masalah anda. Buku memberikan informasi penting tentang berbagai subjek dan topik. Hal terbaik tentang membaca adalah bahwa Anda dapat pergi lebih dalam. Entah itu memasak, menari, atau bahkan membersihkan, Anda selalu dapat meningkatkan keterampilan Anda dengan membaca buku.

17. Membangkitkan harga diri

Dengan membaca banyak buku, Anda akan bisa berkomunikasi lebih baik dan menjadi lebih banyak memberi informasi tentang berbagai bidang kehidupan. Semua ini diterjemahkan ke dalam sebuah makna bahwa anda telah meningkatkan harga diri yang lebih tinggi dari orang lain. Karena Anda memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk memberikan informasi, Anda menjadi lebih produktif dan secara keseluruhan anda menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

18. Hiburan portabel

Buku merupakan alat yang portabel dan ringan. Buku tidak seperti komputer besar, lepotop dan game PS yang mengambil ruang terlalu banyak. Dengan buku, Anda dapat memasukannya ke dalam tas Anda dan mudah dibawa kemana-mana. Anda dapat membaca di mana saja, di pesawat saat melakukan perjalanan, di tempat tidur, di bawah tenda tempat anda bersantai, atau bahkan selama liburan Anda.

19. Membantu Anda tidur lebih baik

Kurang tidur menyebabkan produktivitas rendah. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak ahli merekomendasikan Anda untuk melakukan aktivitas yang bisa membantu pikiran Anda lebih tenang. Membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri sebelum pergi tidur. Alih-alih menonton televisi atau menghabiskan terlalu banyak waktu di smartphone yang terlalu banyak membuyarkan konsentrasi, luangkan waktu Anda sejenak untuk membaca buku. Membaca teks dari lampu-lampu terang dari perangkat elektronik hanya akan memperburuk tidur Anda. Sedangkan membaca buku akan membantu tidur anda menjadi lebih baik.

20. Pelajari tentang dunia lain

Dunia fiksi memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan ke dunia lain, di mana semuanya berbeda. Dengan membaca buku, Anda akan mendapatkan sekilas dari budaya lain dan tempat yang berbeda. Buku memperluas wawasan Anda, membiarkan Anda melihat negara-negara lain, orang-orang lain dan begitu banyak hal yang Anda tidak pernah melihat atau membayangkan sebelumnya. Ini adalah cara sempurna untuk mengunjungi negara yang aneh dalam pikiran Anda.

21. Sosialisasi

Anda akan selalu bisa berbagi apa pun yang Anda baca dengan keluarga Anda, teman dan kolega. Semua ini secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan Anda dalam bersosialisasi. Manusia adalah makhluk sosial dan dalam dunia smartphone, kita telah kehilangan kemampuan kita untuk bersosialisasi. Namun, membaca buku sedikit banyak malah melahirkan klub buku dan forum-forum seminar di mana kita mendapatkan kesempatan untuk berbagi dan berinteraksi dengan orang lain.

22. Meningkatkan kreatifitas

Perbedaan terbesar antara membaca dan menonton televisi adalah bahwa membaca buku sebenarnya memberikan ruang lingkup dalam berkreasi. Semakin banyak Anda membaca buku, semakin banyak Anda bisa belajar hal-hal baru. pikiran-pikiran dan gagasan baru yang selalu meregangkan pikiran kita untuk menemukan kembali kehidupan dengan cara yang baru dan lebih baik lagi. Kita mulai melihat dunia dengan cara yang berbeda dan dengan cara ini kita menemukan solusi kreatif baru.

23. Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Manfaat lain dari membaca buku adalah,Anda bisa belajar pada kecepatan Anda sendiri. Karena Anda memiliki buku sepanjang waktu, Anda akan selalu dapat kembali ke bagian dimana Anda merasa bahwa Anda tidak mengerti. Anda dapat membaca ulang sebanyak bab seperti yang anda inginkan, tanpa khawatir bahwa Anda akan kehilangan bagian-bagian tertentu. Jika itu buku self-help, Anda dapat mengatasi satu masalah pada satu waktu. Setelah Anda menangani satu masalah, maka Anda dapat pindah ke edisi berikutnya setiap kali Anda merasa Anda sudah siap. Semuanya dilakukan pada kecepatan Anda sendiri dan yang paling penting, pikiran Anda bebas untuk menafsirkan hal-hal dan cara-cara berbeda.

24. Banyak pilihan 

Ada begitu banyak buku-buku yang bagus, untuk membuktikan bahwa Anda tidak akan pernah selesai membaca semua buku dalam seumur hidup anda. Buku telah ditulis selama berabad-abad silam, sekarang, seseorang menulis buku, dan di masa depan, buku masih akan ditulis. Apakah Anda sedang mencari sesuatu untuk menginspirasi Anda?, sesuatu untuk membuat Anda tertawa, tentang asmara atau bahkan mendapatkan keterampilan baru, ada banyak sekali buku-buku yang tak terhitung jumlahnya untuk mempelajari semua itu. Yang Anda butuhkan adalah hanya mengambil beberapa waktu luang dan memilih waktu yang bagus untuk membaca. Selamanya Anda tidak akan pernah kekurangan buku-buku besar.

25. Meningkatkan moral

Buku akan membantu Anda lebih memahami ide-ide yang lebih baik dari ide-ide buruk. Membaca buku memungkinkan kita untuk belajar tentang pendekatan yang berbeda untuk hidup dan masalah yang kita hadapi. Dengan melakukan semua itu, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat apa yang telah bekerja di masa lalu dan apa yang belum bekerja di masa depan. Pada dasarnya, Anda belajar untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam kehidupan anda.

26. Belajar tentang sejarah Anda

Sejarah memainkan peran penting tentang siapa diri kita hari ini. Dengan membaca buku, kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari masa lalu dan bagaimana hal itu terus mempengaruhi kita di masa depan. Dengan membaca buku, Anda akan mendapatkan kesempatan besar untuk belajar tentang negara Anda, keluarga dan dunia pada umumnya. Ini adalah cara yang bagus untuk meninjau kembali masa lalu Anda dan menghargai masa-masa sekarang ini.

27. Hemat

Selain murah, Anda juga akan menghemat banyak uang dengan membaca buku. Buku tidak memerlukan listrik, mereka juga tidak meminta bentuk pemeliharaan. Ketika Anda membaca buku tentang keterampilan tertentu, seperti memasak, atau tugas sederhana, Anda sebenarnya telah menghemat uang Anda dalam mencari keterampilan baru ketimbang menyewa kontraktor. Anda tidak hanya belajar keterampilan baru, tetapi juga menghemat banyak biaya.

28. Tidak ada efek samping

Menghabiskan terlalu banyak waktu dalam menonton televisi atau bermain video game dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda dalam jangka waktu yang panjang. Di sisi lain, buku merupakan alat yang aman dan mudah. Tidak ada yang pernah buta dari membaca terlalu banyak buku. Tidak ada efek samping atau bahaya (seperti membaca buku melalui smartphone) Semua anda dapatkan manfaat dari buku.

29. Membuat Anda lebih pintar

Dengan begitu banyak belajar dari buku-buku, orang yang membaca secara teratur cenderung lebih pintar dari mereka yang tidak membaca. Mereka cenderung memiliki pikiran terbuka dan lebih sadar lingkungan mereka.

30. Buku lebih baik dari film

Begitu banyak film telah diadaptasi dari buku-buku. Tapi, jika Anda membaca buku dan kemudian menonton film, Anda akan setuju bahwa buku 100 kali lebih baik daripada film. Selalu ada bagian yang unik, seperti karakter berpikir, bahwa film tidak pernah bisa menangkap 100% isi buku.