F 15 Alasan, Minum Kopi Itu Sehat

15 Alasan, Minum Kopi Itu Sehat



1. Kopi Mengurangi Resiko Kanker

Tes laboratorium telah lama menunjukkan bahwa beberapa bahan dalam kopi melindungi terhadap sel atau kerusakan DNA terkait UVB. Sebuah studi Amerika, yang diselesaikan pada bulan Mei 2015, merawat 500.000 orang selama 12 tahun dan melacak kebiasaan makan mereka, secara teratur meminta informasi tentang paparan sinar UV, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol dan rokok.

Perhitungan menunjukkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki resiko 20 persen lebih rendah terkena kanker kulit. Meskipun ini hanya untuk kopi berkafein. Dengan konsumsi tiga cangkir sehari, resikonya setidaknya 10 persen lebih rendah.

Kopi juga bagus untuk menangkal kanker lainnya. Dengan demikian, efek pencegahan pada hati, kanker usus dan faring telah terbukti dalam beberapa penelitian. Bahkan dari kanker prostat yang agresif dan tumor otak bisa dicegah dengan meminum banyak kopi.

Misalnya, peminum kopi yang mengkonsumsi setidaknya empat cangkir per hari beresiko hingga 40 persen lebih sedikit terkena tumor di rongga mulut atau faring.

2. Peminum Kopi Memiliki Kualitas Hati yang Lebih Baik

Sebagai bagian dari sebuah studi di mana sekitar 28.000 warganegara AS berusia lebih dari sepuluh tahun, mengenai kebiasaan makan dan status kesehatan mereka, telah diwawancarai dan diperiksa, analisis data tersebut mengungkapkan bahwa peserta yang telah meminum setidaknya tiga cangkir kopi dalam 24 jam sebelum analisis darah, memiliki resiko rendah terhadap enzim hati yang tinggi (berdasarkan enzim ALT, ALP, AST dan GGT) dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Bahkan ketika para peneliti menghitung pengaruh berbagai faktor resiko terhadap nilai hati yang lebih tinggi, seperti indeks massa tubuh tinggi, merokok, diabetes atau infeksi HBV atau HCV, hubungan tersebut ternyata lebih bertahan lebih lama. Kopi tanpa kafein menunjukkan hasil yang sama, menunjukkan bahwa kafein tidak bertanggung jawab atas efek perlindungan pada hati.

Di seluruh dunia, ada banyak penelitian yang masuk ke arah ini. Sebagai contoh, tim peneliti China-Australia baru-baru ini telah mengkonfirmasi bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi memang dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit pada hati yang berlemak non-alkohol (NAFLD). Selain itu, berbagai khasiat ekstrak kopi telah banyak dibahas, yang bisa bertanggung jawab atas efek perlindungannya. Ini termasuk, misalnya, efek antioksidan, antiinflamasi atau antifibrotik dari kopi.

3. Kopi Untuk Diabetes

Di seluruh dunia, sekitar 55 juta orang menderita apa yang disebut "diabetes usia tua" (diabetes tipe 2). Istilah "diabetes usia tua" semakin banyak membenarkan pembenarannya, karena pasien semakin muda dan lebih muda lagi. Berbeda dengan diabetes tipe 1, di mana sel penghasil insulin dihancurkan oleh reaksi autoimun, diabetes tipe 2 memiliki penyebab lain. Dalam banyak kasus, gaya hidup kita dalam berkontribusi terhadap peningkatan resiko: kebiasaan makan dengan terlalu banyak lemak seperti gula dan makanan yang menyebabkan kelebihan berat badan.

Sementara ada banyak penelitian yang menunjukkan hubungan perlindungan antara kopi dan diabetes tipe 2. Kopi memiliki pengaruh positif terhadap toleransi glukosa dan kadar gula darah. Dan kafein merangsang sel penghasil insulin. Ternyata, orang yang mengonsumsi tiga sampai empat cangkir kopi sehari memiliki resiko 25 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

4. Kopi Menurunkan Tekanan Darah

Mereka yang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi untuk jangka waktu yang lama memiliki resiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan orang dengan tekanan darah normal. Orang yang tidak merokok dapat mengurangi resiko ini dengan minum kopi - sebuah cangkir sehari menurunkan tekanan darah hingga 9 milimeter merkuri , menurut sebuah tim yang dipimpin oleh Murielle Bochud dari Rumah Sakit Universitas Lausanne dalam jurnal "Human Molecular Genetics".

Efeknya benar-benar hebat. Meski kopi diketahui bisa meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek, namun efeknya berlawanan dalam jangka panjang. Ini mirip dengan gerakan atletik saat berolahraga: saat berolahraga, tekanan darah meningkat, namun dalam jangka menengah, dengan pengulangan rutin, olahraga melindungi terhadap kerusakan kardiovaskular.

5. Kopi Menghilangkan Kantuk

Tentunya Kafein yang berada di dalam kopi memberikan tenaga eksta dan menghilangkan kantuk dengan cara menstimulasi sistem metabolisme dan sistem saraf pada pusat tubuh.

6. Resiko Kanker kopi dan Prostat

Mengkonsumsi kopi, idak hanya mencapai tingkat pengurangan yang lebih besar seperti pada diabetes atau fatty liver dalam kasus resiko kanker prostat, namun juga sangat baik pada resiko prostat potensial. Resiko penyakit ini, misalnya, tim peneliti China baru saja menyelesaikan studi terhadap 200.000 peserta. Hampir 9.000 peserta mengembangkan kanker prostat selama bertahun-tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa resiko terkena kanker prostat lebih rendah diantara peserta yang minum kopi secara teratur. Dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah minum kopi, resiko relatif untuk penyakit ini hanya 0,88%.

7. Kafein Membuat Ingatan Menjadi Lebih Baik

Hasil studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko Alzheimer dan melawan penurunan kemampuan kognitif terkait kepikunan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kafein dapat membantu memori pada sebuah ingatan. Periset di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, AS, menemukan bahwa mengkonsumsi kopi bahkan bisa lebih mempertajam berpikir.

Kafein dalam jumlah dua cangkir saring atau tiga cangkir espresso bisa meningkatkan daya ingat. dalam penelitian ini. Studi Belanda lainnya menunjukkan bahwa dengan tiga cangkir kopi sehari, penurunan mental lebih lambat daripada tanpa kopi.

Menurut sebuah studi jangka panjang di Finlandia-Swedia, peminum kopi cenderung tidak terkena Alzheimer. minum kopi tiga sampai lima cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko demensia sebanyak dua pertiga.

8. Kopi Mempercepat Energi Para Olahragawan

Kafein tidak hanya merangsang sistem saraf, tapi juga melebarkan pembuluh darah. Ini meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah dan menunjukkan efek positif dari kafein pada kinerja para atletik, karena otot dapat disuplai dengan oksigen dengan lebih baik.

Selain itu, peningkatan aktivitas jantung dan perluasan bronkus oleh kafein juga dapat memberi efek positif pada kinerja otot manusia. Dengan demikian tubuh sudah siap untuk melakukan aktivitas fisik yang intensif. Sebagai contoh, sebuah studi di Skandinavia menunjukkan bahwa kebugaran fisik dapat meningkat sekitar sebelas persen setelah mengkonsumsi kopi. Jika Anda minum secangkir kopi setengah jam di depan gym atau ketika akan berolah raga, Anda bisa meningkatkan stamina, ketepatan dan kemampuan motorik halus selain performa atletik dengan kombinasi kopi dan karbohidrat.

9. Kopi Menghasilkan Energi

Kafein memiliki spektrum aktivitas yang luas: Dalam dosis rendah, ia memiliki efek merangsang pada jiwa - ini bisa meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan tanda-tanda kelelahan.

Kafein dalam kopi melewati perut ke aliran darah dan masuk ke otak, di mana ia menghambat reseptor untuk adenosin neurotransmiter. Hal ini bisa meningkatkan jumlah neurotransmiter lainnya, yang menghasilkan peningkatan "stamina". Dengan demikian lebih banyak energi yang meluap dalam area tubuh. Efek kafein di otak juga menyebabkan kewaspadaan. Kafein dapat memiliki efek positif pada kinerja pembelajaran pada fase pemeriksaan dalam jangka waktu pendek.

10. Kopi Mencegah Tinnitus

Kafein telah lama diremehkan untuk memicu tinitus daripada mencegahnya. Lagi dan lagi, pasien dengan suara telinga yang mengganggu disarankan untuk tidak minum kopi dan teh hitam.

Namun pada awal tahun 2010, periset Inggris menunjukkan sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi kopi tidak memperburuk suara telinga yang kronis. Dalam sebuah studi tahun 2014 baru-baru ini, para peneliti di Kanada telah menunjukkan bahwa kopi berkafein bahkan dapat bekerja melawan tinitus.

Selama bertahun-tahun, lebih dari 65.000 wanita ditanya tentang perilaku dan kesehatan mereka sebagai bagian dari Nurses 'Health Study II. Hampir 5.300 di antaranya mengalami tinnitus selama 18 tahun.

Ini menunjukkan bahwa resiko suara yang memberatkan telinga 21% lebih rendah untuk wanita yang mengonsumsi lebih dari 600 mg kafein per hari daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari 150 mg per hari. 600 mg kafein sesuai dengan sekitar lima cangkir kopi. Bahkan jumlah kafein yang lebih sedikit pun sudah dapat mengurangi resikonya, namun pada tingkat yang lebih rendah.

11. Kopi Melindungi Terhadap Stroke

Peneliti Universitas Cambridge mempresentasikan temuan terakhir pada tahun 2011 di kongres American Stroke Society (ASA) baru-baru ini di San Antonio, Texas. Analisis mereka didasarkan pada data dari 9.978 pria dan 12.254 wanita berusia antara 39 dan 79 tahun, yang rata-rata berusia dua belas tahun dalam studi Norfolk (EPIC).

Pada tahun 2015, hasilnya sekarang dikonfirmasi dalam sebuah penelitian oleh tim peneliti China-Denmark dari universitas di Zhengzhou (China) dan Aarhus (Denmark): 500.000 subjek lagi-lagi meneliti efek kopi yang terkait dengan stroke. Sebanyak 12.414 peserta mengalami stroke.

Kemudian mereka dianjurkan untuk minum kopi sekurangnya satu cangkir seminggu, mereka yang mengalami stroke akhirnya berkurang menjadi 11 persen. Dan efeknya tergantung dosis: semakin banyak cangkir, semakin banyak resikonya turun.

Secara keseluruhan, pengurangan resiko adalah 17 persen pada wanita, lebih rendah pada pria dan tidak signifikan secara statistik. Pengurangan resiko hingga dua cangkir per hari adalah 10 persen, dengan sampai tiga cangkir, pengurangannya bisa mencapai 14 persen dan lebih dari empat cangkir 17 persen.

12. Kopi Melindungi Dari Depresi

Sebuah penelitian di Harvard telah menunjukkan bahwa wanita yang minum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari memiliki resiko 20 persen lebih rendah terkena depresi. Data ini dikumpulkan lebih dari 50.000 orang Amerika selama periode sepuluh tahun.

Untuk kopi tanpa kafein, tidak ada hubungan yang bisa ditunjukkan dengan timbulnya depresi. Namun, para peneliti mengetahui bahwa penjelasan lain mungkin bisa dilakukan: bisa jadi orang dengan mood depresi, setelah minum kopi mereka tidak mempermasalahkan soal tidur yang khas depresi melalui kafein.

13. Kafein Untuk Migrain

Kafein memiliki efek pada pembuluh darah: Sementara pembuluh darah berkembang di otak yang sempit - jadi kafein dapat memiliki efek menenangkan pada sakit kepala atau migrain. Inilah sebabnya mengapa kafein sekarang termasuk dalam beberapa tablet sakit kepala selain obat penghilang rasa sakit.

14. Kopi Membantu "Tenaga Manusia"

Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa peminum kopi kemungkinan kecil mengalami disfungsi ereksi.

Studi tersebut mensurvei lebih dari 3.000 pria paruh baya berusia 49 tahun dan orang lain tentang diet dan masalah mereka dengan mempertahankan ereksi. Analisis menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi kafein cenderung tidak menderita disfungsi ereksi, terutama jika asupan kafein sama dengan kandungan kafein dari dua sampai tiga cangkir kopi.

15. Kopi bagus untuk bahan Genetik

Ahli kimia makanan di Universitas Caiserslautern telah menemukan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur tampaknya melindungi informasi genetik DNA dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh faktor lingkungan seperti sinar UV. Kopi mencegah apa yang disebut untai DNA pecah, yang dapat menyebabkan kematian sel atau mutasi.

Selama empat minggu, sekitar 100 pria sehat diperiksa. Setengah dari mereka seharusnya minum 750ml kopi setiap hari, yang lain mendapat air sebagai gantinya. Pria-pria ini harus mempertahankan kebiasaan makan mereka yang biasa dan menghindari produk berkafein lainnya. Sebelum dan sesudah tahap uji coba, para peneliti memeriksa materi genetik sel darah putih atas apa yang disebut untai terpecah dalam materi genetik. Pecahnya molekul tipe tangga sulit diperbaiki oleh tubuh. Oleh karena itu, hal itu menyebabkan penuaan sel dan dalam kasus terburuk untuk kanker.

Setelah empat minggu mengkonsumsi kopi, efek yang langgeng dimulai dan orang-orang, yang hanya minum air putih, memiliki sedikit sekali ikatan DNA di sel darah putih mereka. Sebaliknya, jumlah untai yang terpecah dalam kelompok peminum kopi telah menurun secara signifikan: secara keseluruhan, ada 27 persen lebih sedikit untai istirahat di antara peminum kopi!

Temuan terakhir ini bisa menjelaskan mengapa efek positif dan preventif berulang kali dikaitkan dengan kenikmatan minum kopi, terutama pada penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes pikun, penyakit Parkinson dan Cardiovaskular.

Mulai sekarang, Ayo minum kopi!

Post a Comment

0 Comments