F Riwayat KH Aslah Syamil Ciwaduk Cilegon

Riwayat KH Aslah Syamil Ciwaduk Cilegon

Dari Kiri Abah Rouf, Abah Otong, Mame Aslah dan Kiai Pesantren Al Khoiriah
Tidak banyak yang saya ketahui dari beliau. Tetapi sedikit cerita ini semoga bermanfaat.
====================
Kiai Syamil konon memiliki pesantren husus Qiroat Syab’ah. Tepatnya di desa Krenceng Cilegon. Suatu hari ada seorang tamu yang datang kebeliau. Tamu tersebut lalu mendengarkan bacaan Qiroat beberapa santri, lalu berkomentar

“Perasaan tidak begini, kalau bacaan qiroat syab’ah itu”

Setelah mendengar komentar si tamu tadi. Kiai Syamil kemudian menyuruh KH. Aslah yang masih muda untuk berguru langsung ke Mekkah.

****
Di Mekkah beliau menimba ilmu selama tujuh tahun. Kabarnya juga sempat berkawan dengan Abuya Damanhuri dari Pandeglang. Ada cerita menarik, kabarnya jika beliau tidak punya uang atau bekal, biasanya beliau langsung solat di depan kakbah dan membaca surat waqiah lalu berdoa, setelah membuka mata. Langsung uang tersebut berada di hadapannya.

****
“Son, engko bengi, sok geh delengen neng buri omah ane sing maling ayam” Katanya kepada putrinya Ison
“Sing bener bae, ore percaya”
Dan benar saja, di belakang rumah beliau ada yang mencuri ayam.

****
Dan anehnya walaupun beliau rumahnya tanpa penjagaan sekalipun, kemudian ada yang maling di rumahnya, dan si maling tersebut tidak bisa bergerak samasekali. Sebelum di tepuk pundaknya dan ampuni oleh beliau.
****
Selain hafal Quran, KH Aslah juga hafal beberapa kitab lainnya seperti Alfiah Ibnu Malik. Jika mengajar santri, beliau tidak pernah menenteng kitab karena sudah hafal betul isi di dalam kitabnya.

****
Kabarnya, beliau mengaji hanya pada hari senin selasa rabu dan kamis. Jika sudah hari jumat beliau pergi berdagang sarung dan pakaian. Biasanya beliau menyewa kapal untuk pergui ke Lampung. Pada hari jumat sabtu dan minggu beliau gunakan untuk berdagang.

****
Saking berkah nya doa beliau, suatu hari beliau membeli sepeda baru, lalu digunakannya untuk berjalan keliling. Seketika ada yang meminati sepeda itu dan langsung membelinya dengan harga yang lebih tinggi. Akan tetapi kehidupannya sangat sederhana, Baju hanya setelan kemeja pendek dan menggunakan kaos putih, merokok dengan merk jambu merah.

****

Kebiasaan beliau di hari tua, kalau pagi biasanya sarapan dengan susu satu piring dan dicelupkan dengan beberapa roti. Saat beliau sakit, kepada putra-putri nya, beliau mengtakan “wis ya, abah arep turu dipit” dan beliau tertidur dengan tenang, begitulah cara beliau meninggalkan alam fana ini sehingga tidak merasakan sakitnya sakaratul maut. Beliau dikebumikan di desa Ciwaduk Kec Cilegon Kota.
****

Nasab Beliau
Aslah
Syamil
Satim
Aman
Sakidin
Jasim
Barik
Kanjeng Sinuhun Tubagus Buang/Tb Abdullah
Tubagus Tong/Tb Mandura

Dari Jalur Lain
Kiai Tapa/Musthofa
Syekh Roziq
Syekh Jamaludin Merak
Syekh Kajib
Syekh Maulana Malik Isroil


Wallahu A’lam
Bila ada yang mau menambahkan cerita ini, Kami persilahkan dengan senang hati.

Post a Comment

0 Comments