Apa Itu Bale Rombeng, Kobong Rombeng Universitas dan Perannya Bagi Bangsa Ini


Dimana itu Universitas  Bale rombeng? Bale rombeng adalah istilah sebuah asrama santri atau kamar santri yang ada di wilayah Sunda khususnya Banten dan Jawa Barat, Bale rombeng kebanyakan terbuat dari kayu dan anyaman bambu, sedangkana atapnya terbuat dari ‘hateup’ atau daun-daunan yang sudah dianyam, saya sendiri tidak tahu bahasa Indonesianya hateup itu apa, yang jelas itulah ‘Bale rombeng’ sebuah asrama atau kamar santri yang keberadaannya ada terutama di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Jadi kalau kita menemukan di Facebook atau di media sosial lainnya sebuah nama “universitas Bale rombeng” tentunya adalah sebuah universitas fiktif, yang tidak ada di dunia nyata. Nama UNBAR hanyalah istilah ‘lalagaan’ keisengan semata dari para santri yang selalu mengacu pada sebuah pendidikan di mana para santri ini di didik di sebuah Pesantren bambu.

Sedangkan keberadaan Pesantren ‘bale rombeng’ sendiri di Indonesia masih merupakan salah satu pendidikan yang dianggap ilegal atau tidak resmi atau non formal. jika Universitas mengajarkan kepada para siswanya tentang ilmu pengetahuan maka Universitas Bale rombeng (bagi saya) tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja tetapi juga akhlakul karimah, budi pekerti yang baik, moral yang bagus, otak yang cerdas dan mental baja yang banyak melahirkan generasi-generasi pejuang.

Tidak mudah melahirkan para pejuang yang siap berjuang dalam kehidupan dunia yang serba manis nan pahit, kebanyakan orang ingin hidupnya serba Manis saja tetapi tidak mau pahitnya.

Sedangkan para santri selalu dididik oleh para Kiai untuk menjadi manusia yang super hebat, berbudi luhur dan siap menghadapi kehidupan yang pahit sekalipun, santri di didik oleh para ulama untuk menjadi seperti paku, dimana tubuhnya kecil (karena sering riyadloh) tetapi peran Paku bisa ‘menyambungkan’ semua kayu besar, ketika Paku di pukul oleh palu, maka si paku tubuhnya akan menancap di beberapa kayu sehingga tidak terlihat oleh kita. walaupun begitu, paku mengajarkan agar walaupun tidak terlihat, tetapi perannya sangatlah besar bagi ‘menempelnya’ sebuah papan.

Artinya para santri dididik oleh para Kyai untuk menjadi sebagaimana adanya paku yang tidak terlihat di masyarakat tetapi perannya sangat signifikan bagi masyarakat dan negara ini, sebab paku bisa menyambungkan semua elemen dari berbagai masyarakat. Tentunya para santri ini di pesantren bale rombeng tidak hanya dididik ilmu pengetahuan saja tetapi juga mental baja, mental paku yang sangat penting bagi negara

Kobong Rombeng dan Pokpring

Beberapa orang mungkin akan sangat kebingungan tentang arti dan istilah Kobong. Sebab kalau di Jawa 'Kobong' itu artinya bakar atau terbakar, kalau misalkan kita melihat daun yang terbakar maka orang Jawa selalu bilang bahwa daun itu 'kobong' terbakar tetapi kalau di dalam istilah bahasa sunda, kobong itu diartikan dengan sebuah kamar yang dihuni oleh para santri

Kemudian kita juga akan menemukan istilah 'Pokpring' Pring itu sendiri artinya bambu, Pokpring bisa diartikan dengan Pondok Pring atau Pondok Bambu. Pokrping ini sebenarnya sama dengan Bale rombeng karena biliknya terbuat dari anyaman bambu, atapnya berupa hateup, Bedanya, kita menemukan bahasa Pokpring di sekitar wilayah Serang Banten.

Lantas untuk apa kita membahas terlalu jauh persoalan kobong dan bale rombeng serta pokrping di artikel ini? tentu saja ini sangat penting sebab sejarah kobongisme itu sangat luar biasa terutama dalam mengusir para penjajah dari negri ini.

Keunggulan bale rombeng

Janganlah memandang sebelah mata tentang manfaat dari Bale rombeng, sebab bale rombeng telah banyak melahirkan mental para pejuang sehingga tidak aneh di zaman dahulu banyak sekali para ulama atau para pejuang yang memperjuangkan bangsa ini sampai  merdeka,  mereka Ini kebanyakan terlahir dari tangan dingin Pondok Pesantren.

Pada jaman dahulu, tidak ada yang namanya istilah 'tentara' atau ABRI, sedangkan para pejuang bangsa ini adalah mereka, rakyat jelata yang kemudian di didik oleh para ulama, ada yang diberi wirid atau ijazah sehingga tubuh mereka menjadi sangat kebal tidak mempan ditembak atau dibom sekalipun, dan tubuh mereka tidak bisa ditembus oleh golok dan senjata tajam lainnya.

Maka oleh karena itu kita jangan memandang remeh terhadap keberadaan Bale rombeng ini walaupun disebut sebagai pendidikan yang non formal dan kampungan tetapi keberadaan bale rombeng sangatlah penting bagi bangsa ini.

Lebih kerennya lagi, Bale rombeng itu hanya ada di Indonesia, coba kita melihat di Singapura atau Malaysia Apakah Dua negara yang saya sebut ini adalah negara merdeka? mereka negara yang merdeka karena warisan atau dibebaskan oleh negara Inggris, kenapa mereka tidak bisa merdeka? itu karena di dua negara tersebut tidak ada bale rombeng.

Pesantren bale rombeng tertua di banten

Menurut catatan sejarah, di Banten terdapat pesantren tertua di Indonesia yakni yang berada di atas puncak Gunung Karang, belum diketahui siapa pendirinya dan siapa para ulamanya, tetapi para sejarawan banyak sekali membuktikan bahwa di atas Gunung Karang terdapat bekas-bekas sebuah pesantren atau jejak Bale rombeng.

Jika kita berkunjung ke desa Pasir Angin yang ada di puncak Gunung Karang, disana terdapat sebuah masjid yang sangat kuno sekali, sebuah masjid yang mungkin sejaman dengan para Wali Songo. dan sampai sekarang mesjid itu masih ada dan tidak rusak oleh rayap.

Masjid kuno itu menunjukkan bahwa di zaman dahulu memang terdapat Universitas Bale rombeng yang di mana para ulama dan para Kiai mendidik para santri selain agar bisa mengaji juga melahirkan banyak pejuang

Ulama keluaran bale rombeng

Tentunya jumlah ulama yang pernah keluar dari didikan bale rombeng sangatlah banyak. Bahkan tak terhitung jumlahnya dari jaman Wali Songo hingga jaman modern sekarang ini banyak ulama yang telah keluar dari Universitas Bale rombeng.

Syekh Nawawi sendiri merupakan salah satu ulama besar di Indonesia yang keilmuannya sangat diakui oleh dunia dan beliau ini adalah salah satu santri keluaran dari Bale rombeng. Kita juga mendapati Syekh KH. Hasyim Asy'ari salah satu pendiri ormas terbesar di Indonesia yang dikenal Nahdlotul Ulama, beliau ternyata keluaran dari pesantren Bale rombeng dan masih banyak sekali ulama-ulama pejuang seperti Syekh Daud Cigondang atau Syekh Asnawi Caringin yang kesemuanya itu adalah santri-santri yang pernah dididik oleh pesantren Bale rombeng.

Bale Rombeng Sekarang

Sekarang Bale Rombeng banyak yang terlantar, ini sebenarnya adalah PR bagi bangsa Indonesia, negara ini tidak cukup hanya sekedar mengucapkan terima kasih kepada Universitas Bale rombeng yang telah melahirkan banyak pejuang. Tetapi lebih dari sekedar itu seharusnya pemerintah memberi fasilitas dan kemewahan kepada Bale rombeng di Indonesia.

Negara ini memang kurang berterima kasih kepada jasa para pahlawannya, tidak hanya kepada Universitas Bale Rombeng, tetapi juga kepada para pejuangnya, kita sering kali melihat di koran atau di media, yakni tentang kabar berita yang menyebutkan betapa banyak pejuang yang dulu memperjuangkan bangsa ini dari bangsa penjajah menuju kemerdekaan ternyata para pejuang itu hidupnya malah terlantar tidak diberi gaji dan tunjangan dari pemerintah, rumahnya sangat kotor, pakaiannya sangat dekil. Ini merupakan ironi dan PR bagi bangsa ini.

Sedangkan universitas lainnya seperti sekolah formal, SD SMA SMP, yang tidak terlalu penting di masa penjajahan malah diberi fasilitas yang Wah dan mewah dari pemerintah. Kemana bale rombeng? sekarang mereka hanya nama. Apakah Indonesia harus berperang lagi sehingga pemerintah harus sujud kepada pesantren Bale Rombeng? dlaam meminta bantuan mereka.


Post a Comment

0 Comments