F Anak Bermain Facebook. Haruskah Orang Tua Mengikuti Akun Mereka?

Anak Bermain Facebook. Haruskah Orang Tua Mengikuti Akun Mereka?

Media sosial saat ini telah menjadi andalan utama dalam hidup kita, banyak dari kita tidak bisa pergi seharipun tanpa mengecek akun Facebook, Instagram ataupun Snapchat. Tidak hanya orang dewasa, bahkan Anak-anak di Indonesia tidak jauh berbeda.

Laporan Indeks DQ Global perdana, yang dirilis awal bulan ini, mengungkapkan bahwa anak-anak di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu secara online dibandingkan dengan orang-orang di negara lain. Laporan tersebut meneliti kebiasaan online anak-anak berusia delapan sampai 12 tahun, mensurvei 38.000 anak di 29 negara. Anak-anak di Indonesia menghabiskan 35 jam menatap layar Hp setiap minggu, tiga jam lebih banyak dari rata-rata secara global. Bagi mereka yang memiliki ponsel, tentu saja  ini meningkat rata-rata 45 jam seminggu secara online.

Mengakses media sosial memang banyak menghadirkan resiko tambahan untuk anak-anak, seperti kemungkinan dihubungi oleh orang-orang cerdik dan invasi privasi. Tetapi meskipun sebagian besar platform media sosial memiliki persyaratan usia minimum - (biasanya berusia 13 tahun) tidak jarang anak-anak di bawah umur mengaksesnya.

Studi Pengalaman Konsumen-Konsumen Media Development Authority (MCES) 2014 mengungkapkan bahwa separuh anak yang disurvei menggunakan jaringan media sosial, dan mayoritas dari mereka (63,5 persen) memulai ketika mereka berusia antara tujuh hingga 10 tahun.

Para orangtua harus mencatat bahwa ada alasan bagus tentang platform media sosial memberlakukan persyaratan usia minimum: Anak-anak belum siap sebenarnya.

"Anak-anak di bawah usia 12 tahun seharusnya tidak berada di media sosial sama sekali," kata Dr Natalie Games, seorang psikolog klinis di Alliance Professional Counseling. "Penelitian neurologis menunjukkan bahwa anak-anak di bawah usia ini tidak memiliki kedewasaan neurologis untuk diberi tanggung jawab dalam mengelola jejak digital mereka. Empati emosional mereka juga tidak berkembang dengan baik, oleh karenanya toleransi untuk menerima atau memahami perbedaan individu sangatlah rendah. "

PEDOMAN
Bila anak mencapai usia di mana penggunaan media sosial diperbolehkan, orang tua harus menetapkan beberapa pedoman.

"Orang tua harus memantau akun anak-anak mereka; Ini mungkin termasuk memiliki kata sandinya, "kata Dr Sanveen Kang-Sadhnani, "Untuk anak yang lebih besar, jika memiliki kata sandinya bukanlah pilihan, pertimbangkan untuk berteman atau mengikuti anak Anda di media sosial."

Dr Games menasihati: "Diskusikan dan putuskan apa yang bisa diterima sebagai tim dari orang tua. Menjaga foto pribadi mereka menjadi penting - memposting foto memalukan atau emosional dari dirinya sendiri atau orang lain, seperti juga foto mereka dalam keadaan telanjang.

"Berkontribusi pada obrolan kelompok secara negatif tentang orang lain adalah bentuk intimidasi, dan orang tua harus menetapkan harapan yang ketat tentang perilaku ini. Anak-anak harus didorong untuk keluar dari obrolan yang negatif, atau harus dijelaskan bahwa obrolan tersebut tidak baik, orang dewasa harus diajak berkonsultasi jika anak tersebut tidak yakin akan apa yang harus mereka lakukan."

Sekalipun anak Anda menggunakan media sosial secara bertanggung jawab, ada beberapa kendala yang tidak bisa dihindari. Dr Kang-Sadhnani mencantumkan beberapa hal: Cyber-bullying, akses terhadap konten yang mereka tidak cukup dewasa untuk diakses, dan masalah keamanan jika akun mereka mengizinkan kontak dari orang asing atau informasi pribadi yang dibagikan. Juga, karena ada kecenderungan orang untuk berbagi hal-hal positif tentang kehidupan mereka, anak-anak atau remaja mungkin merasa bahwa kehidupan orang lain jauh lebih baik daripada kesuksesan mereka, dan hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional mereka di masa depan.

Orang tua harus mendiskusikan harapan dan realitas kehidupan dengan mereka; Hidup tidak selalu penuh dengan kemenangan dan hal-hal hebat, sebenarnya, pasang surutnya yang membuat hidup itu indah dan unik.

ECHO CHAMBER EFFECT
Bagaimana jika anak-anak itu membuat akun media sosial tanpa sepengetahuan orang tua mereka? Jika Anda tahu tentang masalah ini, cara terbaik untuk mengatasinya adalah berdiskusi dengan anak Anda.

Jelajahi kekhawatiran Anda akan keamanan dan alasan mengapa mereka memiliki akun tanpa sepengetahuan Anda. Jika orang tua sebelumnya menolak izin membuka Akun media sosial, jelaskan mengapa. Orangtua harus mencoba dan mencapai jalan tengah, di mana mereka dapat memiliki akses ke akun anak mereka untuk memastikan keamanan.

Orang tua harus mempertimbangkan dalam memantau aplikasi seperti dalam ponsel, untuk melacak perilaku media sosial anak mereka. Penting juga agar orang tua tidak menghakimi, dan mereka memberi tahu anak-anak mereka bahwa mereka tidak akan dihukum, karena tujuan diskusi adalah untuk memahami sudut pandang mereka.

Salah satu kelemahan media sosial bagi orang dewasa dan anak-anak adalah efek ruang gema, di mana pengguna terpapar pada orang dan konten yang berpikiran sama dengan bias yang cenderung mengkonfirmasi sudut pandang dan kepercayaan mereka sendiri. Orangtua perlu masuk dan memastikan bahwa anak-anak mereka memahami berbagai topik dan sudut pandang sehingga mereka mengembangkan pendapat yang lebih seimbang.

"Bicaralah dengan anak-anak Anda tentang berbagai topik sehingga mereka bisa mendengar pendapat Anda. dengarkan juga penjelasan mereka jika berbeda dari Anda. Sertakan mereka dalam percakapan keluarga dan keluarga besar tentang berbagai topik dan sudut pandang yang berbeda."

Anak-anak kita akan tumbuh dalam dunia digital yang selalu berkembang; pada dasarnya kita tidak bisa menghindari mereka dari media sosial. Mereka harus memiliki akses dan kebebasan untuk menjelajahinya. Namun, kita bisa mencoba menciptakan dan memelihara lingkungan digital yang lebih aman.

Dianjurkan agar orang tua memantau akun anak-anak mereka untuk melihat apakah ada tema yang berkaitan dengan posting atau komentar negatif oleh teman sebayanya. Berteman atau mengikuti akun anak Anda memungkinkan Anda untuk membuka diskusi tentang tema ini dan berbagi pendapat yang bervariasi. Sangat penting bagi orang tua untuk mendidik anak-anak dalam keaksaraan digital yang semakin mengglobal. 

Post a Comment

0 Comments